BLOGGER TEMPLATES AND TWITTER BACKGROUNDS

Kamis, 14 April 2011

MTM (Methode Time Measure)

Metode Pengukuran Waktu (Metods Time Measurement)

MTM (Metods Time Measurement) adalah suatu sistem penetapan awal waktu baku yang dikembangkan berdasarkan studi gambar gerakan-gerakan kerja dari suatu operasi kerja industri yang direkam dalam film. Sistem ini didefinisikan sebagai suatu prosedur untuk menganalisa setiap operasi atau metode kerja ke dalam gerakan-gerakan dasar yang diperlukan untuk melaksanakan kerja tersebut, dan kemudian menetapkan standar waktu dari masing-masing gerakan tersebut berdasarkan macam gerakan dan kondisi-kondisi kerja yang ada. (Sritomo, 1992).

MTM (Metods Time Measurement) merupakan suatu waktu untuk siklus yang berulang-ulang dan cukup detail. Data untuk pengembangan MTM diperoleh dari gambar gerak (menggunakan kamera mekanik) dari pekerja terampil melakukan berbagai gerakan. Setiap gerak didefinisikan secara terpisah dan ditabulasikan untuk menetapkan waktu standar. MTM diterima sebagai metode standar dalam banyak negara di seluruh dunia.

MTM (Methods Time Measurement) banyak digunakan dalam bidang industri dari industri kecil sampai industri besar. MTM dikelompokan menjadi beberapa bagian diantaranya yaitu: MTM-1, MTM-2, MTM-3, MTM-C, MTM-V, MTM-M

Elemen-elemen Gerakan MTM-1 (Methods Time Measurement -1)

MTM-1 (Methods Time Measurement-1) terdapat elemen-elemen gerakan dasar yaitu: mencari (search), memilih (select), memegang (grasp), menjangkau (reach), membawa (move), melepas (released load), pengarahan (position), memegang untuk memakai (hold), pengarahan sementara (pre position), memeriksa (inspection), merakit (assemble), lepas rakit (desassemble), memakai (use), kelambatan yang tak terhindar (unavoidable delay), kelambatan yang dapat dihindarkan (avoidable delay), merencana (plan), istirahat untuk menghilangkan fatique (rest toovercome fatoque) (Sutalaksana, 1979).