BLOGGER TEMPLATES AND TWITTER BACKGROUNDS

Sabtu, 19 November 2011

Latar Belakang Mempelajari Fisiologis (APK2)

Setiap manusia pasti melakukan aktivitas kerja tiap harinya, yang melibatkan seluruh anggota tubuh seperti tangan, kaki, otak, dan bagian tubuh lainnya. Tujuan manusia melakukan aktivitas kerja adalah untuk menjamin kelangsungan hidupnya. Setiap melakukan aktivitasnya, manusia membutuhkan energi atau tenaga karena hal itu sangat berpengaruh terhadap efektifitas manusia dalam bekerja. Keberhasilan kerja dipengaruhi oleh salah satu faktor diantaranya faktor kerja fisik. Kerja fisik mengakibatkan pengeluaran energi yang mengakibatkan manusia merasa kelelahan, sehingga berpengaruh pada kemampuan kerja manusia dan kualitas kerjanya. Hal ini disebabkan oleh jenis pekerjaan dan berat ringannya pekerjaan yang dilakukan, serta perubahan-perubahan yang terjadi pada lingkungan kerja dan kondisi tubuh manusia itu sendiri.

Faktor pemulihan energi harus diperhatikan karena selama proses bekerja manusia mengalami kondisi lelah, dan untuk mengoptimalkan kemampuan kerja perlu diperhatikan pengeluaran energi dan pemulihan energi selama proses kerja berlangsung. Berdasarkan penjelasan di atas, maka diperlukan ilmu yang dapat menghitung konsumsi energi yang dibutuhkan manusia dalam melakukan pekerjaannya. Konsumsi energi yang dibutuhkan dapat diukur dengan menggunakan pengukuran kinerja fisiologi. Tujuan mempelajari modul ini untuk mengurangi kelelahan yang ada pada operator, dan menyeimbangkan konsumsi energi dan konsumsi oksigen yang ada pada tubuh si operator.

Pada praktikum modul fisiologi ini yaitu melakukan percobaan pada aktivitas kerja statis mengangkat barbel dengan beban 2 kg, 6 kg, dan 8 kg. hal ini dilakukan untuk mengetaui seberapa besar kekuatan tangan dan kaki pada saat diberi beban.