BLOGGER TEMPLATES AND TWITTER BACKGROUNDS

Senin, 21 November 2011

Latar Belakang Mempelajari Display (APK2)

Setiap manusia pasti tidak terlepas dari interaksi dengan manusia lain maupun lingkungannya. Komunikasi adalah salah satu cara berinteraksi. Komunikasi antar sesama manusia adalah hal yang biasa dan mudah untuk dilakukan misalnya berbicara, tegur sapa, bercanda, dan lain-lain. Hal ini berbeda jika manusia berinteraksi dengan lingkungannya. Lingkungan manusia meliputi rumah, sekolah, kampus, kantor, jalan raya, dan lain-lain. Manusia tidak dapat secara langsung berinteraksi dengan lingkungannya, karena lingkungan tidak bisa dengan sendirinya mengatakan apa yang dia rasakan kepada manusia secara langsung. Oleh karena itu dibutuhkanlah alat bantu yang dapat digunakan manusia untuk berinteraksi dengan lingkungannya yaitu display.

Display adalah alat peraga yang digunakan untuk media penyampaian informasi dari lingkungan kepada manusia. Display yang baik adalah display yang dapat dimengerti dan dipahami oleh manusia sebagai penerima informasi melalui panca indera. Diperlukanlah metode yang mempelajari perancangan dan pembuatan display agar manusia merasa ENASE dalam menerima informasi tersebut.

Penerapan display dalam praktikum ini adalah perancangan dan pembuatan kalender dinding. Kalender termasuk bagian dari display, karena kalender berfungsi menyampaikan informasi tentang hari, tanggal, bulan dan tahun serta hari-hari tertentu seperti hari besar keagamaan dan hari besar nasional. Diharapkan dengan perancangan gambar pada display kalender dinding ini dapat disalurkan pesan yang sesuai dengan prinsip-prinsip dari ilmu ergonomi.