BLOGGER TEMPLATES AND TWITTER BACKGROUNDS

Jumat, 18 November 2011

Latar Belakang Mempelajari Antropometri (APK2)

Lingkungan kerja adalah tempat dimana proses berkerja berlangsung. Hal ini meliputi keadaan dan kondisinya, pengaturan tata letak ruang kerja, berbagai macam perlengkapan dan fasilitas yang tersedia di ruang kerja. Fasilitas yang ada di ruang kerja tentunya harus memenuhi rasa nyaman pada saat digunakan. Rasa nyaman yang didapat dari sebuah produk terkadang hanya dinilai pada sebagian orang, sehingga dibutuhkan rancangan sebuah produk yang disesuaikan dengan dimensi tubuh manusia pada umumnya. Salah satu pendekatan yang dapat digunakan untuk merancang fasilitas yang lebih ergonomis dilakukan dengan pendekatan antropometri.

Sebagian besar aktivitas kerja seorang karyawan dalam melakukan pekerjaannya dilaksanakan dengan duduk. Sehingga kenyamanan dan efektifitas gerak karyawan tidak bisa dikesampingkan begitu saja, karena rancangan kursi yang baik dan menunjang kenyamanan dan efefktivitas gerak karyawan, yang pada akhirnya merupakan salah satu mendukung keberhasilan efektivitas dalam proses bekerja. Adanya pendekatan antropometri ini dapat diperoleh rancangan kursi kantor yang lebih ergonomis dan yang disesuaikan dengan ukuran tubuh karyawan, sehingga di peroleh dimensi kursi yang sesuai dengan kemampuan dan keterbatasan karyawan pada posisi duduk.

Pada praktikum kali ini adalah merancang sebuah kursi kantor. Perancangan sebuah kursi kantor dilakukan dikarenakan kursi kantor yang ada belum memenuhi aspek-aspek ergonomi. Proses perancangan kursi kantor itu sendiri harus memperhatikan dimensi-dimensi yang terdapat dalam tubuh karyawan, seperti tinggi duduk tegak, tinggi duduk normal, tinggi bahu duduk, tinggi sandaran duduk, lebar sandaran duduk, dan dimensi lain yang diperlukan dalam perancangan kursi kantor.