BLOGGER TEMPLATES AND TWITTER BACKGROUNDS

Sabtu, 13 November 2010

Latar belakang LA modul Regresi

BAB I

PENDAHULUAN

Latar Belakang

Setelah mempelajari ilmu korelasi tentang hubungan antara variabel X dan variabel Y dan mengukur derajat keeratan pada modul sebelumnya. Selanjutnya mempelajari pada modul regresi, yaitu meramalkan hubungan antara variabel X dan variabel Y.

Pengertian regresi adalah suatu alat ukur yang juga digunakan untuk mengukur ada atau tidaknya korelasi antar variabel. Regresi linear sederhana, yaitu regresi linear yang hanya melibatkan dua variabel (variabel X dan Y), persamaan garis regresinya dapat dituliskan dalam dua bentuk, yaitu persamaan regresi linear dari Y terhadap X.

Regresi linier sederhana bertujuan mempelajari hubungan linier antara dua variabel. Dua variabel ini dibedakan menjadi variabel bebas (X) dan variabel tak bebas (Y). Variabel bebas adalah variabel yang bisa dikontrol sedangkan variabel tak bebas adalah variabel yang mencerminkan respon dari variabel bebas.

Contoh penerapan ilmu regresi dalam studi kasus di sini adalah untuk meramalkan tingkat kenaikan penjualan susu kedelai yang terjual akibat pengaruh dari jumlah kurir yang menjual susu kedelai tersebut..

Pembatasan Masalah

Pembatasan masalah pada modul regresi untuk pengambilan data yang dilakukan adalah mengambil data banyaknya kurir pada sebuah home industry penghasil susu kedelai yang memiliki kondisi jumlah kurir yang tidak menentu. Objek yang dijadikan sebagai pengamatan adalah jumlah kurir pada home industry tersebut sebagai variabel X, dan variabel Y sebagai jumlah penjualan susu kedelai pergelas. Data pengamatan selama 30 hari dengan jam kerja kurir selama 3 jam, dari jam 9 pagi sampai dengan 12 siang setiap harinya. Pemecahan masalah yang diselesaikan dengan ilmu regresi adalah menambah kualitas susu kedelai dan kedisiplinan para kurir Software yang digunakan untuk menyelesaikan masalah studi kasus tentang regresi linear sederhana adalah SPSS 12.0.

Tujuan Penulisan

Tujuan penulisan laporan akhir pada modul regresi ini adalah untuk mengetahui persamaan regresi linear sederhana terhadap studi kasus. Berikutnya adalah melakukan peramalan jumlah penjualan susu kedelai apabila ditentukan jumlah kurir adalah 12 orang.