BLOGGER TEMPLATES AND TWITTER BACKGROUNDS

Sabtu, 13 November 2010

Latar belakang LA modul Chi-square

BAB I

PENDAHULUAN

Latar Belakang

Setiap perusahaan perlu memeriksa data perhitungan secara teoritis dengan data di lapangan agar perusahaan tersebut dapat berjalan dengan lancar dan seimbang, hal itu perlu karena perusahaan dapat membandingkan penjualan produksi antara pengamatan langsung dengan perhitungan secara teoritis. Perbandingan data tersebut dapat menggunakan perhitungan untuk pengujian hipotesis yang ada dalam cabang ilmu statistika industri yaitu dengan menggunakan chi square.

Pengertian chi square adalah sebuah uji hipotesis tentang perbandingan antara frekuensi observasi dengan frekuensi harapan yang didasarkan oleh hipotesis tertentu pada setiap kasus atau data. Chi square dibagi menjadi empat yaitu pengujian hipotesis beda tiga proporsi atau lebih, pengujian hipotesis independensi, pengujian hipotesis kompatibilitas, dan pengujian hipotesis kehomogenan.

Chi square bertujuan untuk menguji seberapa baik kesesuaian di antara frekuensi yang teramati dengan frekuensi harapan yang didasarkan pada sebaran yang akan dihipotesiskan, atau juga menguji perbedaan antara dua kelompok pada data dua kategorik untuk dapat menguji signifikansi asosiasi dua kelompok pada data dua katagorik tersebut. Chi square berguna untuk mengetahui perbandingan hasil perhitungan secara teoritis dengan pengamatan langsung

Chi square bermanfaat di dunia industri, misalnya pada studi kasus pada home industry pembuat gitar yang ingin mengetahui tingkat penjualan selama 15 bulan terakhir merata atau tidak. Chi square juga berguna untuk mengetahui apakah variasi warna dan jenis sepatu saling bebas atau tidak terhadap minat beli konsumen.

Pembatasan Masalah

Pembatasan masalah pada modul chi square untuk CV.MUSICAL TECNOLOGY pengambilan data uji kebaikan suai yang dilakukan adalah mengambil data selama 15 bulan terakhir dengan banyaknya kurir pada sebuah home industry pembuat gitar yang memiliki kondisi jumlah kurir yang tidak menentu, dengan tingkat signifikasinya sebesar 5%. Pemecahan masalah dalam studi kasus ini adalah uji kebaikan suai.

Pembatasan masalah perusahaan PT.IFANNATA SPORTS Tbk pada uji kebebasan yang dilakukan adalah membagi 2 kategori, yaitu kategori pertama sebagai variasi warna sepatu, yaitu merah, hitam, putih, kuning, dan hijau, sedangkan kategori kedua sebagai minat beli konsumen, dengan taraf nyata sebesar 5%. Pemecahan masalah dalam studi kasus dalam studi kasus ini adalah uji kebebasan. Software yang digunakan untuk menyelesaikan 2 masalah studi kasus tentang chi square adalah SPSS 12.0.

Tujuan Penulisan

Tujuan penulisan laporan akhir pada modul regresi ini adalah untuk mengetahui banyaknya keuntungan di 15 bulan terakhir terbagi rata atau tidak. Mengetahui banyaknya keuntungan di 15 bulan terakhir terbagi rata atau tidak berdasarkan uji signifikan. Mengetahui kebebasan antara jenis sepatu dengan warna sepatu saling bebas atau tidak. Mengetahui kebebasan antara jenis sepatu dengan warna sepatu saling bebas atau tidak berdasarkan uji signifikan.