BLOGGER TEMPLATES AND TWITTER BACKGROUNDS

Senin, 22 November 2010

Latar belakang LA modul Anova satu arah

BAB I

PENDAHULUAN


1.1 Latar Belakang

Setiap perusahaan perlu melakukan pengujian terhadap kumpulan hasil pengamatan mengenai suatu hal, misalnya hasil penjualan produk, hasil produksi produk, gaji pekerja di suatu perusahaan nilainya bervariasi antara satu dengan yang lainnya. Hal ini berhubungan dengan varian dan rata-rata yang banyak digunakan untuk membuat kesimpulan melalui penaksiran dan pengujian hipotesis mengenai parameter, maka dari itu dilakukan analisis varian yang ada dalam cabang ilmu statistika industri yaitu anova. Alasan mempelajari ilmu anova adalah untuk menguji rata-rata tiga populasi atau lebih, rata-rata dari populasi-populasi tersebut sama atau tidak.

Pengertian anova adalah suatu teknik untuk menguji kesamaan beberapa rata-rata secara sekaligus. Uji yang dipergunakan dalam anova adalah uji F karena dipakai untuk pengujian lebih dan 2 sampel. Anova terdiri dari atas dua metode, yaitu metode satu arah dan dua arah. Metode anova satu arah digunakan untuk mencari nilai rata-rata pemakaian suatu barang atau jasa, bisa juga untuk mengukur rata atau tidaknya produksi yang berlangsung pada satu bagian. Dalam anova satu arah ini terbagi mejadi dua bagian perhitungan, yaitu perhitungan dengan jumlah sampel yang sama banyak dan jumlah sampel yang berbeda.

Penerapan anova satu arah dalam dunia industri adalah untuk menguji rata-rata data hasil pengamatan yang dilakukan pada sebuah perusahaan ataupun industri. Studi kasus yang diamati pada anova satu arah dengan jumlah sampel sama banyak adalah pada PT. Susu Murni penghasil susu sapi yang ingin mengetahui apakah rata-rata volume susu yang dihasilkan dengan 5 variasi pakan yang berbeda adalah sama banyak atau tidak. Studi kasus yang diamati pada anova satu arah dengan jumlah sampel berbeda adalah pada PT. Karya Sendiri pembuat kemeja yang ingin mengetahui apakah rata-rata tingkat penjualan kemeja dari 5 ukuran yang berbeda adalah sama banyak atau tidak.

1.2 Pembatasan Masalah

Pembatasan masalah bertujuan untuk membatasi pembahasan studi kasus agar tidak meluas ke berbagai hal di luar pembatasan. Pembatasan masalah pada modul ini adalah dalam proses pengambilan data ini dilakukan berbagai penelitian pada dua pengujian yaitu pengujian anova satu arah dengan jumlah sampel sama banyak dan jumlah sampel yang berbeda.

Pembatasan masalah pada modul anova satu arah untuk PT. Susu Murni, pengambilan data dengan jumlah sampel sama banyak yang dilakukan adalah mengambil data selama 5 minggu terakhir. Data terdiri dari 12 baris yang menunjukkan pengambilan sampel sapi sebanyak 12 ekor dan 5 kolom menunjukkan variansi pakan, yaitu merek A, merek B, merek C, merek D, dan merek E yang digunakan sebagai objek pengamatan, dengan tingkat signifikasinya sebesar 5%. Pemecahan masalah dalam studi kasus ini adalah uji jumlah sampel sama banyak.

Pembatasan masalah perusahaan PT. Karya Sendiri, pengambilan data dengan jumlah sampel yang berbeda yang dilakukan adalah terdiri dari 12 baris yang menunjukkan 12 kali pengambilan sampel dalam kurun waktu 1 bulan, dan 5 kolom menunjukkan jenis ukuran kemeja, yaitu ukuran S dengan 9 sampel, ukuran M dengan 8 sampel, ukuran L dengan 10 sampel, ukuran XL dengan 12 sampel, dan ukuran XXL dengan 8 sampel yang digunakan sebagai objek pengamatan, dengan tingkat signifikasinya sebesar 5%. Pemecahan masalah dalam studi kasus dalam studi kasus ini adalah uji jumlah sampel yang berbeda. Software yang digunakan untuk menyelesaikan 2 masalah studi kasus tentang anova satu arah adalah SPSS 12.0.

1.3 Tujuan Penulisan

Tujuan penulisan laporan akhir pada modul anova satu arah ini adalah untuk mengetahui apakah ada persamaan rata-rata volume susu yang dihasilkan dari kelima variansi pakan yang berbeda. Mengetahui apakah ada persamaan rata-rata volume susu yang dihasilkan dari kelima variansi pakan yang berbeda berdasarkan tingkat signifikansinya 5%. Mengetahui apakah ada persamaan rata-rata tingkat penjualan dari kelima jenis ukuran kemeja dalam 12 kali pengambilan data dalam kurun waktu 1 bulan. Mengetahui apakah ada persamaan rata-rata tingkat penjualan dari kelima jenis ukuran kemeja dalam 12 kali pengambilan data dalam kurun waktu 1 bulan berdasarkan tingkat signifikansinya 5%. Tujuan berikutnya mencari nilai tabel anova satu arah dengan jumlah sampel sama banyak dari f0,05(4:55) dan anova satu arah dengan jumlah sampel yang berbeda mencari nilai dari f0,05(4:42).