BLOGGER TEMPLATES AND TWITTER BACKGROUNDS

Senin, 14 Maret 2011

Shalat

Allahu Akbar, Allahu Akbar
Asyhadu alla ilaha illallah
Asyhadu anna Muhammadar Rasulullah
Hayya 'alash sholah
Hayya 'alal falah
Ashshalatu khairum minan naum
Allahu Akbar, Allahu Akbar
Lailaha ilallah

Kalian pernah denger lafal diatas kan?
Ya, itu adzan. adzan itu sendiri adalah panggilan kepada seluruh umat manusia untuk beribadah kepada Allah, yaitu melaksanakan shalat. Shalat itu wajib hukumnya, udah tau pastinya kan. Mengerjakannya mendapatkan pahala, meninggalkannya mendapatkan dosa.

Gw pernah baca salah satu isi buku hadits Arba’in karangan Imam An-nawawi, yang judulnya “Rukun Islam dan Faktor Fundamental Lainnya”. Yang isinya “Islam dibangun atas lima pilar: (1) Persaksian bahwa tiada Tuhan selain Allah, dan Muhammad Rasul Allah, (2) Mendirikan shalat, (3) mengeluarkan zakat, (4) Melaksanakan ibadah haji, (5) Berpuasa di bulan Ramadhan.” (H.R.Bukhari dan Muslim).

Yang ingin gw bahas kali ini, menurut kalian beda gak sih antara mendirikan shalat sama mengerjakan shalat? Sama atau engga?

Gw cuma mau share aja disini, jadi antara mendirikan shalat sama melaksanakan shalat itu beda. Jadi kalo mendirikan shalat itu jika adzan berkumandang, kita langsung ambil air wudhu terus shalat. Sedangkan mengerjakan shalat, ya memang sih dikerjain shalatnya tapi biasanya kita suka mengulur waktu buat ngerjain shalatnya. Misal aja shalat dhuzur itu sekitar jam 12 lewat, cuma kita ngerjainnya biasanya jam 2 lewat baru dikerjain, atau malah kelewat sama sekali.

Kenapa ya kita suka mengulur waktu buat shalat? Padahal shalat biasanya 5 menit. Sehari kita dikasih dikasih waktu 24 jam, waktu buat shalat aja gak ada. Mari kita renungin dari sekarang, gak ada kata terlambat buat berubah.