BLOGGER TEMPLATES AND TWITTER BACKGROUNDS

Minggu, 12 Juni 2011

Belajar Dari Anak Kecil


Masih ingatkah saat kita kecil, kita begitu mudahnya tertawa kenceng saking bahagianya, sekarang kenapa gak bisa gitu lagi ya? Anak usia 5 th kebawah bisa tertawa mencapai 300 kali/hari, sedangkan orang dewasa hanya 3 kali/hari, terkadang mereka gak sama sekali tertawa.


Anakanak saat belajar berjalan, jatuh, bangun, jatuh, dan bangun kembali dst, sampe mereka bisa berjalan. Ada gak sih anak kecil yang ngeluh, "aduh kayanya aku gak bakal bisa jalan deh, jatuh terus abisnya" :(

Nah kita orang gede, gagal sekali aja udah ngaku orang yang paling "gagal" sedunia.

Gw dulu inget kalo misal gw minta sesuatu sama mama, terus keinginan gw itu gak tercapai pasti gw bakal berusaha terus sampe keinginan gw itu terpenuhi, mau nangis kek, gulinggulingan kek, teriak gajelas kek, pokoknya sampe gw dapet baru gw diem.

Kita udah gede gini malah banyak gengsi, "lebih baik gak usah daripada kecewa akhirnya", gak berani nyoba takut ditolak atau gagal sebelum berperang. Dan banyak lagi, kenapa segitu besarnya perbedaan saat kanakkanak dan saat dewasa, apa penyebabnya? oke kita bahas.

Saat bermasalah kadang kita selalu mikir, untuk kembali mejadi seperti anakanak yang tanpa beban. Seorang anak bisa tertawa lepas tanpa berpikir, bagi anakanak masalah hari itu selesai hari itu juga, mereka mudah melupakan masalah. Anak kecil gak kenal kata Frustasi, mereka selalu ber-Fantasi.

Jangan pernah berfikir bisa balik waktu ke masa lalu, balik lagi jadi anak kecil. emang mau? :) Tapi bagaimana kita bisa belajar dari anak kecil?

Yaa tapi kan anak kecil belum punya beban, mereka belum kenal masalah.

Nah justru itu, beban itu jangan di angkat nanti malah makin berat, beban itu ya dibuang gimana cara buangnya. Ya berfikir seperti anak kecil. Sifat anak kecil, mereka selalu bisa melihat hal (+) dibalik hal (-), misal liat aja kalo banjir, ortunya pada ngeluh, tapi anaknya malah seneng pada maen aer.

Manusia terlahir sama, SEMUANYA dilahirkan dengan potensi yg luar biasa. Keseragaman manusia bisa dilihat sejak masih kecil, setelah tumbuh besar akhirnya jadi berbeda. Potensi semuanya sama, tapi lingkungannya yg berbeda. Itu yang bikin, kita beda sama orang amerika atau jepang, gak usah jauhjauh deh sama tetangga sebelah rumah juga beda.

Ibarat komputer kita ini sebenernya komputer canggih tapi diisi program yang beda, salah program bisa bikin lemot atau malah ngehang. Yang ngisiin program mulai dari ortu kita, ortu kita dari ortunya ortu kita, ortunya ortu kita dari ortunya dst, sampe dari jaman Belanda.

Waah kalo hari gini msih pake program jaman belanda mah repot dong.

Kalau masih ngerasa bermasalah berarti komputernya harus di program ulang, supaya kembali seperti baru :) Caranya dengan memprogram sifat anak kecil kedalam diri kita?

Programnya : Berpikir Positif, Berimajinasi, Tulus, Pemaaf, Jujur, Solider, Apa adanya, dan Antusias.

Itu tadi sifat dasar yg dimiliki anakanak, tanamkan sifat tadi maka beban kita terasa makin ringan bahkan gak punya beban. Pembelajar sejati adalah Anak Kecil, mereka selalu ingin tahu apa yang mereka tidak ketahui.

Jangan cepat menyerah dengan segala keterbatasan. Dobraklah batasan pemikiran sampai kita menemukan jawaban. Temukan sesuatu yang baru dan kebijaksanaan baru. Belajarlah dari ANAK KECIL.

sumber : ranggaumaradreambook