BLOGGER TEMPLATES AND TWITTER BACKGROUNDS

Rabu, 12 Juni 2013

TP Modul JIP Sistem Produksi


1.   Apa yang dimaksud dengan Jadwal Induk Produksi?
Jadwal induk produksi merupakan suatu pernyataan tentang produk akhir (termasuk parts pengganti dan suku cadang) dari suatu perusahaan industri manufaktur yang merencanakan memproduksi output berkaitan dengan kuantitas dan periode waktu.
 
2.   Sebutkan metode yang digunakan untuk menyusun jadwal induk produksi?
(1) Metode tenaga kerja tetap, (2) Metode tenaga kerja berubah, (3) Metode mix strategy, (4) Metode transportasi.
 
3.   Sebutkan asumsi transportasi menurut Baroto?
(1) Kapasitas produksi dan permintaan dinyatakan dalam satuan yang sama. (2) Total kapasitas sama dengan total permintaan dalam horizon yang sama. Jika keadaan ini tidak terpenuhi, maka harus dibuat kapasitas atau permintaan buatan atau dummy dengan biaya nol per unit, sehingga sistem jadi seimbang. (3) Semua hubungan biaya seimbang.

4.   Jelaskan metode tenaga kerja tetap?
Metode perencanaan produksi agregat, dimana jumlah tenaga kerja tidak mengalami perubahan (tetap). Metode tenaga kerja tetap mempunyai kecepatan produksinya konstan, yaitu operator atau pekerja bekerja tidak terlalu cepat dan bekerja secara lambat.
 
5.   Jelaskan metode tenaga kerja berubah?
Metode perencanaan produksi agregat, dimana jumlah tenaga kerja mengalami perubahan. Rencana produksi metode tenaga kerja berubah dibuat sesuai kebutuhan (demand) dengan menambah tenaga kerja jika kekurangan tenaga kerja atau mengurangi tenaga kerja jika kelebihan tenaga kerja.