BLOGGER TEMPLATES AND TWITTER BACKGROUNDS

Senin, 02 April 2012

Softskill : Etika Profesi 2

1. Jelaskan perbedaan pokok antara moral dengan etika, berikan contoh nyata dalam kehidupan sehari-hari?
Perbedaan pokok antara moral dan etika, moral menuntun manusia untuk mengetahui hal apa saja yang boleh ia lakukan dan tidak boleh dilakukan, hal tentang baik dan buruk perilaku yang ia lakukan di dalam kelompok sosialnya. Dalam kehidupan bermasyarakat, semua masyarakat pasti mempunyai aturan moral yang berbeda-beda, membolehkan atau melarang perbuatan tertentu. Peraturan tersebut harus diikuti oleh anggota masyarakat dan akan menimbulkan “hukuman” bagi pelanggarnya. Sedangkan etika hanya akan memberikan semacam batasan maupun standar yang akan mengatur pergaulan manusia didalam kelompok sosialnya.
Contoh moral baik : saling tolong menolong dan saling menghormati antar sesama manusia, tidak  saling mencela dan menyakiti antar sesama manusia.
Contoh Etika : berpakaian sopan di lingkungan masyarakat.

2. Jelaskan perbedaan pokok antara kantianisme dengan utilitarianisme! Berikan contoh masing-masing! Paham mana yang paling banyak dianut oleh para profersional/Insiyur di bidang keteknikan? mengapa?
Kantianisme adalah suatu paham yang dimana suatu pengambilan keputusan dengan cara melihat kenyataan yang ada dari setiap kejadian. Menurut paham ini, setiap orang harus diperlakukan sebagaimana haknya sebagai manusia, bila seseorang benar maka diperlakukan sebagai pihak yang benar, bila seseorang salah maka harus dihukum namun tetap tidak melanggar hak-hak dasarnya. sebagai manusia.
Utilitarianisme adalah paham yang dimana keputusan yang diambil dilhat sesuai dengan sisi manfaat untung dan ruginya.
Menurut saya paham yang lebih banyak dianut adalah paham utilitarianisme. Karena mereka, para profesional dan insinyur di bidang keteknikan biasanya lebih mementingkan sisi manfaat yang paling banyak dirasakan oleh semua manusia, dan meminimumkan kerugian yang diperoleh, sehingga dengan di ambilnya keputusan tersebut tidak ada yang merasa dirugikan

3. Berikan contoh dalam kejadian dalam kehidupan sehari-hari?
Dilema moral adalah keadaan seseorang atau sekelompok masyarakat yang menghadapi suatu masalah dimana terdapat beberapa pilihan yang sulit dipecahkan dalam membuat sesuatu keputusan moral, dan diantara pilihan tersebut seseorang harus memilih salah satunya.
Contoh dilema moral adalah antara berbuat jujur atau baik. Berbuat jujur itu sebuah keharusan. Tetapi bagaimana kalau kejujuran kita akan melukai orang lain atau orang yang kita cintai? Persoalan seperti ini sering sekali kita alami. 
Baik, bersikap baik hati tentunya dianjurkan semua agama dan semua ajaran moral. Tapi bagaimana kalau kebaikan kita hanya akan bermanfaat untuk jangka pendek dan akan berdampak buruk pada jangka yang panjangnya?
Bagaimana menghadapi dilema moral seperti ini? Ikutilah hati nurani.  Karena hati nurani pasti menuntun pada jalan yang benar. Jika nurani mengatakan kita harus jujur, maka bersikaplah jujur.  Apabila hati nurani mengatakan kita harus baik hati, maka berbaik hatilah.

4. Salah satu syarat untuk menjadi profesional adalah dimilikinya kompetensi dalam bidangnya. sehubungan dengan hal tersebut jelaskan kompetensi utama dan penunjang yang harus dimiliki Sarjana Teknik Industri Indonesia!
Kompetensi utama dan kompetensi penunjang yang harus dimiliki oleh Sarjana Teknik Industri Indonesia adalah mampu mengidentifikasikan, merencanakan, dan memecahkan masalah-masalah perancangan maupun perbaikan sistem yang terdiri dari manusia, material, informasi, peralatan dan sumber daya secara kreatif, mampu mengimplementasikan hasil-hasil pemecahan masalah dan mempunyai wawasan luas sehingga dapat memahami dampaknya terhadap konteks sosial, lingkungan dan konteks lokal maupun global, mampu beradaptasi terhadap teknik dan alat analisis baru yang diperlukan dalam menjalankan praktek profesi ke-teknik-industrian-nya, mampu berkomunikasi dan bekerja-sama secara efektif. memahami dan menyadari tanggung jawab profesi dan etika, mampu membawa atau mengimplementasikan konsep industri ke dalam dunia industri.