BLOGGER TEMPLATES AND TWITTER BACKGROUNDS

Senin, 02 Mei 2011

6 Kewajiban Sesama Muslim

Setiap seminggu sekali tepatnya hari ahad, komplek perumahan gw selalu ngadain acara 'ngaji bareng', tempat ngajinya pun bisa dimana aja, dikuburan, dikamar mandi #melenceng. Maksud gw ngajinya dirumah tetangga gw yang ikhlas nyediain rumahnya buat dingajiin. Disini gak cuma ngaji bareng, tapi membahas Hadits Arba'in An-Nawawi karangan Imam An-Nawawi. Pengajiannya udah dimulai dari bulan lalu, gw akan coba share apa aja yang udah gw pelajarin dari Hadits Arba'in ini, gw bahas Hadits ketujuh yang judulnya 'Agama adalah Nasihat'.


عَنْ أَبِي رُقَيَّةَ تَمِيْم الدَّارِي رَضِيَ اللهُ عَنْهُ أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ : الدِّيْنُ النَّصِيْحَةُ . قُلْنَا لِمَنْ ؟ قَالَ : لِلَّهِ وَلِكِتَابِهِ وَلِرَسُوْلِهِ وَلأَئِمَّةِ الْمُسْلِمِيْنَ وَعَامَّتِهِمْ .

[رواه البخاري ومسلم]

Dari Abu Ruqoyah Tamim Ad Daari radhiallahuanhu, sesungguhnya Rasulullah Shallallahu’alaihi wasallam bersabda : Agama adalah nasehat, kami berkata : Kepada siapa ? beliau bersabda : Kepada Allah, kitab-Nya, Rasul-Nya dan kepada pemimpan kaum muslimin dan rakyatnya.

(Riwayat Bukhori dan Muslim)


Pelajaran yang bisa diambil dari Hadits ini bahwa kita sesama kaum muslim harus saling memberikan nasihat, tentunya nasihat yang baik, bukan yang buruk. Karena Allah SWT berfirman 'Nasihat itu bagian dari Agama Islam'.

Ada 6 kewajiban sesama muslim yang harus kita praktekkan:

1. Saling Memberikan Nasihat

Misalnya ada temen kita sebut saja 'Roro' mencela temen lainnya sebut saja 'Bobi', Bobi itu fisiknya pendek, kurus, idup pula. Nah si Roro itu mengejek si Bobi dengan sebutan 'kecebong' atau 'boncel'. Kita sebagai muslim yang baik harusnya menasehati si Roro supaya engga mengejek si Bobi, bukan malah ikut ketawa, atau malah kita ketawain si Bobi paling kenceng.

Kalo gw kasusnya berada dalam keadaan gini, paling gw cuma bisa 'senyum' (tanpa ketawa nyengir), atau gak gw ambil aman aja biar gak ikut dicengin juga dengan kata 'Wah, parah lo'.

2. Saling Menyebarkan Salam.

Kalian kalo ketemu temen biasanya ucapin salam kayak gimana sih? Biasanya sih kalo anak cowok suka pake kata 'Bro' atau 'Men'. Misalnya 'Apa kabar Bro?' atau 'Kemana aja lo Men?'. Nah biasanya juga para cewek suka pake kata 'jeung' atau 'ciiiin'. Misalnya 'Ih, ciiiin apa kabarnya?' atau 'Jeung tau gak gosip tentang si anu?'. Dan istilah lainnya yang dipake buat ngucapin salam.

Gw juga sadar, gw belom bisa nerapin ini dalam kehidupan sehari-hari gw, paling kalo gw masuk ruangan atau gw terima atau tutup telpon, setidaknya gw masih bisa ucapin salam. Kalian tau gak sih sebenernya kalo kita cukup ngucapin salam 'Assalammualaikum' dapet pahal sebanyak 10, sedangkan untuk ngucapin salam 'Assalammualaikum Warohmatullah' dapet pahala sebayak 20, dan untuk ngucapin salam 'Assalammualaikum Warohmatullahi Wabarokatuh' dapet pahala sebanyak 30. Assalammualaikum itu sendiri artinya kebaikan untuk kamu, jadi setiap kali kita ucapin salam kepada sesama muslim, kita mendoakan temen kita juga.

3. Menjenguk Teman yang Sakit.

Jika ada temen kita yang sakit, lebih baik kita menjenguknya, mendoakannya supaya cepet sembuh, yang lebih afdholnya lagi kalo dikasih buah sama makanan yang banyak pasti cepet sembuh deh, hehehe. Jangan sampe kalo temen kita sakit, kita mendoakannya supaya cepet (maaf) MATI.

4. Melayat Orang yang Meninggal.

Nah, misalkan ada temen kita yang meninggal, apa yang lo lakuin? Kalo gw sih gak tau, soalnya belom pernah ngerasain (jangan dulu deh). Sebaiknya ya pastinya melayat, kalo mau sekalian aja mandiin, makein kain kafannya, ikut solatin mayatnya, ikut angkatin kerandanya, dan terakhir ikut tidur bareng sama mayatnya ke lobang kuburnya #melenceng. Ya minimal kita melayat dan mendoakan semoga amal dan perbuatannya diterima Allah SWT. Sekalipun lo punya dendam sama si mayat ini, lo harus bisa memaafkan kesalahannya, atau lo malah bilang 'Mampus lo mampus mati! Kualat kan lo punya dosa sama gua'.

Kalo kalian punya utang sama si mayat ini sebaiknya kalian buru-buru bayar deh, daripada dia bangit dari kubur nanyain utang, mending lo bayar cepet! Dan emang kalo kepepet gak punya duit mending kalo pas tuh mayat dateng, lo pura-pura aja pingsan atau mati juga boleh.

5. Menjawab Bersin

Ini sunnah yang dilakukan Rasululloh SAW, ketika sahabatnya bersin 'Hatciiiiim', maka Rasululloh menjawab 'Yarhamukaulloh', dan sahabatnya menjawab 'Alhamdulillah'. Tapi gimana kalo keadaannya lagi kentut, pasti beda jalan ceritanya. Misal temen kita ada yang kentut, nah udah kentutnya bunyi bau telor busuk ditambah dia bilang 'Alhamdulillah', kita yang ada berada 5 meter dari jangkauan kentutnya pasti bakal maki-maki bilang 'Anjritttt' atau 'Sialan lo'. Jadi sebagai muslim yang baik, kalo keadaan kayak gitu, jawab apa kira-kira?

6. Memenuhi Undangan

Ada temen kita ngadain acara pernikahan, kita harusnya sih bisa menuhin undangannya, karena temen kita itu pasti sayang banget sama kita sampe kita harus menghadiri hari dimana dia bahagia banget dapet 'jodoh', bukan sekedar ngundang supaya dapet amplop aja. Kadang kita suka pilih-pilih kalo menghadiri undangan, misalnya kalo acara pernikahannya di adain dirumah, dia gak mau. Dia pilih acara pernikahan yang di adain di gedung, pasalnya dia tau pasti makanan dalem gedung pasti enak-enak, hahaha. Wah, gak boleh ya kayak gitu, baiknya sih kita hadiri setiap undangan yang ada. Timbal balik aja kalo kita ngadain acara pernikahan tapi dikit yang dateng, pasti sedih deh :'(

Oke selesai, semoga tulisan gw bisa bermanfaat :) salam metal meen! #salah. 'Wasalammualaikum Warohmatullohi Wabarokatuh'