BLOGGER TEMPLATES AND TWITTER BACKGROUNDS

Rabu, 24 Oktober 2012

Tugas Softskill 1 Kewirausahawan

1. Apa yang dimaksud dengan 'Kewirausahaan', berasal dari bahasa apa? beserta artinya?
Jawab : Kewirausahaan berasal dari terjemahan bahasa inggris (entrepreneurship) yang artinya kemampuan berpikir kreatif dan beperilaku inovatif yang dijadikan dasar untuk menghadapi hidup.

2. Apa yang dimaksud dengan 'Wirausahawan' dan sebutkan tiga jenis perilakunya?
Jawab : Wirausahawan adalah orang yang memiliki kemampuan untuk mengelola dan mengembangkan suatu produk atau bisnis baru perusahaan milik sendiri, dengan menggunakan sumber daya (keuangan, bahan baku, tenaga kerja) dengan sebaik-baiknya, tujuannya untuk mendapatkan laba sebanyak-banyaknya. Ciri-ciri atau jenis perilaku seorang wirausahawan antara lain : (1) mampu mengidentifikasi peluang usaha baru, (2) memiliki rasa percaya diri dan selalu bersikap positif, (3) bertingkah laku seorang pemimpin, (4) memiliki inisiatif, kreatif, dan inovasi terbaru, (5) pekerja keras, (6) berpandangan luas dan memiliki visi misi yang baik, (7) berani mengambil resiko, (8) mampu menerima saran dan kritik.

3. Wirausahawan dunia modern muncul pertama kali di Inggris pada masa revolusi pada akhir abad ke 18. Apa yang menjadi kunci penting menjadi seorang wirausahawan? Sebutkan karakteristik menurut Mc. Clelland dan karakteristiknya yang sukses dengan n Ach tinggi?
Jawab : kunci penting seorang wirausahawan adalah bersikap kreatif, inovatif, berani mengambil resiko, da tidak mudah menyerah. Karakteristik menurut Mc Clelland adalah (1) keinginan untuk berprestasi, (2) keinginan untuk bertanggung jawab, (3) preferensi kepada resiko-resiko menengah, (4) presepsi kepada kemungkinan berhasil, (5) rangsangan oleh umpan balik, (6) aktivitas energik. Karakteristik wirausahawan sukses dengan n ACh tinggi adalah (1) kemampuan inovatif, (2) toleransi terhadap kemenduaan, (3) keinginan untuk berprestasi, (4) kemampuan perencanaan realistis, (5) kepemimpinan terorientasi kepada tujuan, (6) objektivitas, (7) tanggung jawab probadi, (8) kemampuan beradaptasi, (9) kemampuan sebagai pengorganisasi dan administrasi.

4. Sebutkan tiga kebutuhan dasar yang mempengaruhi pencapaian tujuan ekonomi menurut Mc. Clelland, dan berikanlah contoh masing-masing?
Jawab : (1) kebutuhan untuk berprestasi (n Ach), contohnya : seorang karyawan perlu mendapatkan perlakuan terhadap setiap prestasi yang dia kerjakan di kantor oleh atasannya. (2) kebutuhan untuk berafiliasi (n Anfil), contohnya : seorang karyawan memiliki hasrat untuk berhubungan antar pribadi yang ramah dan akrab, seperti memiliki seorang teman atau sahabat di tempat kantor. (3) kebutuhan untuk berkuasa (n Pow), contohnya : seorang atasan ingin dapat mengendalikan dan mempengaruhi bawahannya, dimana para karyawannya berperilaku sesuai yang diinginkan oleh atasan tersebut.

5. Sebutkanlah sumber-sumber gagasan dalam identifikasi peluang usaha baru?
Jawab : sumber-sumber gagasan tersebut, antara lain : (1) kebutuhan akan sumber penemuan, (2) hobi atau kesenangan pribadi, (3) mengamati kecendrungan-kecendrungan, (4) mengamati keurangan-kekurangan produk dan jasa yang ada, (5) kegunaan lain dari barang-barang biasa, (6) pemanfaatan produk dari perusahaan lain.

6. Sebutkan unsur-unsur analisa pulang pokok?
Jawab : unsur-unsur analisa pulang pokok, antara lain : (1) biaya tetap, (2) biaya variabel, (3) biaya total, (4) pendapatan total, (5) keuntungan, (6) kerugian, (7) titik pulang pokok.

7. Apa yang dimaksud dengan waralaba (franchising)? Sebutkan pula jenis-jenisnya?
Jawab : Waralaba adalah suatu sistem pendistribusian barang atau jasa kepada konsumen, dimana pemilik merek memberikan hak kepada individu atau perusahaan untuk melaksanakan bisni dengan merek, nama, sistem, prosedur dan cara-cara yang ditetapkan sebelumnya dalam jangka waktu tertentu meliputi area tertentu. Jenis waralaba dibagi menjadi dua, yaitu waralaba luar negeri dan waralaba dalam negeri.

8. Apa yang dimaksud dengan pemasaran langsung? Sebutkan teknik alternatifnya?
Jawab : pemasaran langsung adalah proses penyampaian pesan maupun produk kepada pelanggan melalui berbagai medin, seperti media cetak, media komunikasi, media elektronik, media online, dll. Teknik alternatif dari pemasaran langsung, antara lain : (1) periklanan terklarifikasi, (2) periklanan display, (3) kiriman pos langsung, (4) katalog penjualan, (5) pemasaran tanggapan langsung media.

9. Sebutkan dan jelaskan pembagian dalam bentuk-bentuk kepemilikan?
Jawab : (1) kepemilikan perseorangan, dimiliki dan dijalankan oleh 1 orang, sehingga laba yang diterima tidak perlu dibagi-bagi, (2) kepemilikan kongsi, dimiliki dan dijalankan oleh 2 orang atau lebih, kepemilikan bersama atas harta, umur perusahaan terbatas, adanya pembagian laba, (3) perusahaan perseroan, perusahaan yang memiliki badan hukum, kewajiban pemilik saham terbatas pada jumlah saham yang dimilikinya, kepemilikan perusahaan dapat berpindah tangan, eksistensi relatif stabil.

10. Sebutkan tiga alternatif pada saat berakhirnya suatu usaha?
Jawab : (1) likuidasi, (2) reorganisasi, (3) perpanjangan waktu pembayaran.

Sumber : 
Ahman, Eeng. (2007). Membina Kompetensi Ekonomi. Penerbit : Grafindo Media Pratama, Bandung.
Soeryanto, Eddy. (2009). Entrepreneurship Menjadi Pebisnis Ulung. Penerbit : Elex Media Komputindo, Jakarta.